Kamis, 17 November 2011

Tutorial Excel: Regional Option dan Implikasinya

Di Indonesia umumnya terdapat dua setting regional yaitu English atau Indonesian. Cara cepat untuk mengetahui setting regional Windows yang anda pakai adalah dengan memperhatikan jam digital yang ada di kanan bawah layar (status bar), pada regional English jamnya ada huruf AM atau PM (itu kalau belum diubah formatnya) sedangkan pada regional Indonesian tidak ada. Untuk lebih pastinya dapat dilihat di: Control Panel - Regional and Language Options. Jadi pilihan regional ini berada pada level sistem operasi (Windows) dan bukan pada level aplikasi Excelnya.

Lalu apa implikasinya terhadap Excel....?

Setidaknya ada tiga aspek pada Excel yang dipengaruhi oleh setting regional.
  1. Penulisan tanda desimal.  Untuk regional Indonesian digunakan koma ( , ) sedangkan untuk regional English digunakan titik ( . ).  Tanda titik pada regional Indonesian berarti pemisah ribuan seperti halnya tanda koma pada regional English.
  2. Penulisan tanggal. Pada regional Indonesian, urutan penulisan tanggal yang benar adalah tanggal/bulan/tahun atau dd/mm/yy(yy) sedangkan pada regional English, urutan penulisan tanggal yang benar adalah bulan/tanggal/tahun atau mm/dd/yy(yy). Bila anda melupakan itu bisa jadi Excel menganggapnya terbalik, misalnya yang kita maksud adalah tanggal 10 April 2011 tetapi Excel menganggapnya 4 Oktober 2011. Penyimpangannya jauh sekali. Biasanya kita baru sadar setelah kita menuliskan tanggal di atas 12, yang oleh Excel ditolak karena dia menganggap itu angka untuk bulan, dan tidak boleh lebih dari 12.
  3. Penulisan tanda pemisah dalam formula (rumus). Pada regional Indonesian digunakan karakter "titik-koma" ( ; ) untuk memisahkan bagian-bagian suatu fungsi dalam formula, sedangkan pada regional English digunakan karakter "koma" ( , ). Contohnya, untuk Indonesian =MOD(10;3) sebaliknya untuk English =MOD(10,3). Bila anda terbalik menggunakannya maka hasilnya selalu error dan seringkali membingungkan bagi yang baru belajar Excel.
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar