Kamis, 17 November 2011

Tutorial Excel: Fungsi LEFT, MID dan RIGHT



Fungsi LEFT adalah salah satu fungsi pengolahan teks yang tersedia pada Excel. Fungsi ini berguna untuk mengambil sebagian isi sel tertentu dari sisi kiri. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =LEFT(ref;n), ref=alamat sel teks yang akan diambil isinya, n=angka yang menunjukkan banyaknya karakter (huruf) yang akan diambil. Misalnya bila pada sel B2 terdapat teks YUNISMAN, maka untuk mengambil hanya tiga huruf pertamanya saja isi sel B2 tersebut ('YUN') digunakan formula =LEFT(B2;3).

Fungsi MID berguna untuk mengambil sebagian isi sel yang berada di tengah (tidak mesti persis di tengah-tengah), tapi dalam prakteknya bisa juga digunakan untuk mengambil bagian sel yang mana saja. Bentuk umum penulisannya adalah =MID(ref;x;n), ref=alamat sel yang akan diambil isinya, x=angka yang menunjukkan nomor urut keberapa (dihitung dari kiri) karakter pertama yang akan diambil, dan n=angka yang menunjukkan banyaknya karakter yang akan diambil. Misalnya bila pada sel B2 terdapat teks YUNISMAN, maka untuk mengambil karakter 'NISMA' digunakan rumus =MID(B2;3;5).

Fungsi RIGHT berguna untuk mengambil sebagian isi sel tertentu dari sisi kanan. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =RIGHT(ref;n), ref=alamat sel teks yang akan diambil isinya, n=angka yang menunjukkan banyaknya karakter (huruf) yang akan diambil. Misalnya bila pada sel B2 terdapat teks YUNISMAN, maka untuk mengambil hanya tiga huruf terakhirnya ('MAN') digunakan formula =RIGHT(B2;3).

Ketiga fungsi di atas sering digunakan untuk memotong isi sel yang berupa kode-kode tertentu untuk kemudian digabungkan dengan fungsi lain (seperti IF dan VLOOKUP) untuk menerjemahkannya agar lebih informatif. Misalnya sel yang berisi Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dapat dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang mempunyai arti tertentu. Dua digit pertama biasanya adalah kode untuk tahun masuk, dua digit berikutnya adalah kode fakultas, empat digit berikutnya merupakan kode program studi, dan tiga digit terakhir merupakan nomor urut mahasiswa pada prodi tersebut di angkatannya.


Perlu diingat, LEFT, MID dan RIGHT adalah fungsi teks. Bila dipakai untuk mengambil isi sel yang berisi angka (number) maka hasil penggalannya adalah angka yang berstatus teks (dicirikan oleh posisi default-nya yang rapat ke kiri dalam sel, bandingkan dengan angka yang berstatus number yang rapat ke kanan dalam sel). Untuk mengembalikan angka yang berstatus teks menjadi angka sejati (number) digunakan fungsi VALUE.


Semoga bermanfaat...





1 komentar: