Kamis, 17 November 2011

Lebih Akrab dengan Excel

Microsoft Excel adalah program lembar kerja yang sangat populer. Setiap orang yang pernah belajar Microsoft Word hampir bisa dipastikan pernah juga belajar Excel walaupun biasanya dengan intensitas yang lebih rendah. Banyak yang mengaku pernah atau sering memakai Excel, tapi sebatas kulit-kulitnya saja. Hal itu bisa dipahami bila seseorang belum paham kekuatan yang terkandung di balik Excel itu sendiri.
Sekilas Excel memang terlihat sederhana, yaitu berupa kotak-kotak (sel-sel) tempat berhitung, namun tahukah anda bahwa kita bisa berhitung di Excel dengan tiga cara (tingkatan)? Cara pertama adalah berhitung dengan metode kalkulator. Ini adalah metode yang paling sederhana. Semua angka yang akan dihitung dimasukkan ke dalam rumus (formula) dengan (tentu saja) memulai rumus tersebut dengan tanda sama dengan (=). Metode berhitung seperti ini dipakai hanya untuk perhitungan tunggal atau dengan kata lain, perhitungan sederhana yang terdiri dari satu persamaan. Bila ada persamaan lain yang akan dihitung maka kita harus menulis lagi rumusnya di sel yang lain.
Cara kedua adalah dengan terlebih dahulu menuliskan ke dalam sel-sel angka-angka yang akan dihitung, lalu menuliskan rumus pada sel yang lain dengan merujuk pada alamat sel yang berisi angka tadi. Cara kedua ini bisa dipakai untuk berhitung banyak baris dengan model rumus yang sama. Batasannya adalah, pada cara kedua ini kita belum lagi menggunakan fungsi, melainkan terbatas pada operator aritmatika seperti pangkat, kali, bagi, tambah, dan kurang.
Cara ketiga adalah berhitung dengan menggunakan fungsi. Nah, inilah yang merupakan kekuatan utama Excel. Fungsi dalam Excel bisa dikatakan adalah rumus yang sudah disederhanakan/disingkat dan diprogram sedemikian rupa sehingga untuk melakukan suatu perhitungan jauh lebih sederhana dibandingkan bila tanpa menggunakan fungsi. Sebagai contoh, bila kita ingin menjumlah isi sel A1 sampai A10 yang banyaknya 10 sel, maka kita cukup menuliskan rumus =SUM(A1:A10), bandingkan bila tanpa fungsi SUM (cara kedua di atas) maka kita harus menuliskannya seperti ini: =A1+A2+A3+A4+A5+A6+A7+A8+A9+A10. Cara yang panjang seperti ini benar=benar tidak praktis.
Fungsi-fungsi ini banyak sekali macamnya dan sudah dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, seperti fungsi aritmatika, statistika, keteknikan, keuangan, logika, dan sebagainya. Jadi mengapa anda tidak mencoba lebih akrab dengan Excel agar dapat memetik manfaat maksimal yang disediakannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar